Seminar Kesehatan dari Prodia dan POI

06 Mar 2016

Sebagai wujud kepedulian Sodexo terhadap kesehatan karyawan, pada hari Jumat, 26 Februari 2016 Sodexo mengadakan seminar tentang kesehatan khususnya mengenai penyakit kanker kolorektal dan serviks. Seminar diadakan di kantor Sodexo Benefits & Rewards Indonesia dengan mendatangkan pembicara dari tim Prodia.

Bapak Indra K.A Joesmen, President Direktur Sodexo Indonesia,  menyatakan program ini sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesehatan  karyawan. “Kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan termasuk dalam produktivitas kerja seseorang. Sebagai perusahaan yang sangat mengedepankan pentingnya Quality of Life, Sodexo ingin agar karyawan selalu sehat baik itu fisik maupun pikiran”, demikian dikatan oleh bapak Indra K.A. Joesmen.

Penjelasan mengenai kanker kolorektal dibawakan oleh dokter Fajar Firsyada Sp.B.KBD dari POI (Perhimpunan Onkologi Indonesia). Dokter Fajar menjelaskan bahwa kanker kolorektal merupakan kanker terbanyak ketiga di Indonesia. Kanker kolorektal adalah salah satu jenis kanker yang menyerang usus besar (kolon) dan rektum (bagian usus paling bawah sampai anus / dubur).

Kanker kolorektal lebih banyak diawali dengan munculnya polip dalam usus besar dan rektum, serta seringkali tidak menunjukkan gejala. Pemeriksaan laboratorium adalah langkah yang tepat agar keberadaan polip diketahui lebih dini.

Lakukan skrining kolorektal melalui pemeriksaan yang bersifat invasif atau non-invasif, salah satunya melalui pemeriksaan darah samar secara berkala. Dengan pemeriksaan darah samar, kanker dan polip dapat terdeteksi lebih dini, sehingga penanganan akan lebih cepat dan tingkat kelangsungan hidup lebih tinggi.

Materi selanjutnya adalah mengenai HPV (Human Papilloma Virus) oleh Ibu Raya dari Prodia. HPV merupakan virus yang menimbulkan warts (tumor epidermal yang disebabkan virus papilloma atau proliferasi jinak mirip kutil) di tangan dan kaki maupun alat genitalia (kelamin). Beberapa tipe HPV genital sangat berkaitan erat dengan terjadinya kanker leher rahim atau kanker serviks.

Ibu Raya menjelaskan bahwa kebanyakan orang baik pria maupun wanita yang telah aktif secara seksual dapat terinfeksi HPV. Keduanya tidak akan menyadari dirinya terinfeksi karena HPV dapat berdia lama tanpa menunjukkan gejala dan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa menyebabkan masalah kesehatan.

Berdasarkan hubungannya dengan kanker leher rahim atau kanker serviks, HPV dibagi menjadi 2 kelompok yaitu HPV tipe resiko tinggi dan HPV tipe resiko rendah. HPV tipe resiko tinggi berkaitan erat dengan terjadinya kanker leher rahim (serviks). Untuk mengurangi resiko terinfeksi HPV adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan untuk melakukan hubungan seksual.

Acara seminar kanker yang disampaikan oleh Prodia dan POI ditutup dengan pembagian hadiah kepada beberapa peserta yang aktif bertanya mengenai seminar tersebut. Diharapkan dengan diadakannya seminar ini dapat menambah pengetahuan tentang kesehatan, khususnya mengenai penyakit kanker. Tetap jaga kesehatan tubuh kita, rutin berolahraga dan menjaga pola makan supaya tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sumber https://sodexobenefits.co.id

© 2019 Sodexo Benefits & Rewards Indonesia